kegiatan

Menyusun Strategi Optimalisasi Pengelolaan Website Desa

Sebanyak 20 perwakilan desa yang tergabung dalam jaringan Gerakan Desa Membangun (GDM), Sabtu (3/9/2016) mengikuti acara “Juguran GDM.” Juguran dilaksanakan di Rumah Makan Kampung Logawa Purwokerto.

Dari Desa Dermaji hadir Kepala Desa, Bayu Setyo Nugroho dan Pemimpin Redaksi Portal Desa Harry Haryono Caryono. Selain perwakilan desa hadir juga para pegiat desa, relawan TIK Banyumas, pendamping desa serta Blogger Banyumas.

Koordinator acara, Santi Herlina yang juga Perangkat Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas mengatakan, acara Juguran Desa merupakan kegiatan rutin bulanan GDM, yang membahas berbagai macam isu dan tema terkait upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik. Adapun tujuan umumnya adalah untuk meningkatkan kapasitas desa-desa yang ada dalam jejaring GDM. Kegiatannya sendiri dibiayai secara gotong royong.

Santi melanjutkan, untuk acara di Rumah Makan Kampung Logawa ini, tema yang didiskusikan adalah soal optimalisasi pengelolaan website desa. Out put dari kegiatan adalah tersusunnya strategi pengelolaan website desa.

“Desa-desa GDM itu sangat beragam latar belakangnya, sehingga agar website desa bisa lebih optimal, kita anggota GDM, merasa perlu saling berbagi pengalaman”, jelas Santi.

Selain berbagi pengalaman pengelolaan website desa, acara juguran juga diisi dengan diskusi terfokus dengan narasumber Agung Budi Satrio (sesepuh GDM) dan Sukarni (Gedhe Foundation). Diskusi di moderatori oleh Supriyanto (Relawan TIK Banyumas).

Di sesi terakhir setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan mengidentifikasi kendala-kendala yang sering dihadapi dalam pengelolaan website desa. Kendala-kendala tersebut meliputi kendala teknis, kendala dalam pengisian konten, serta kendala dalam mewujudkan tim pengelola website yang solid dan berkelanjutan.

Kendala-kendala yang bersifat teknis dibahas tuntas pada juguran GDM di Rumah Makan Kampung Logawa tersebut. Sementara terkait konten desa akan dibahas pada juguran GDM bulan depan (Oktober 2016).


sumber : https://www.dermaji.desa.id/juguran-gdm-menyusun-strategi-optimalisasi-pengelolaan-website-desa/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *