kegiatanopini

Juguran, Sinau dan Kemauan Membangun Desa

Candinata.desa.id – TIK. Pemerintah Desa (Pemdes) Candinata kembali bersilaturrahiim ke desa Purwosari Kecamatan Kedungbanteng  di kabupaten Banyumas pada Sabtu (22/04/2017).Ini merupakan sambung rasa sambung hati kedua Pemerintah Desa (Pemdes) Candinata ber-silaturrahiim dengan Gerakan Desa Membangun (GDM) dan rekan-rekan Pegiat Teknokogi dan Informasi Pemerintah Desa di kabupaten Banyumas. Sebelumnya di acara yang sama yaitu juguran website desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Candinata juga melakukan kegiatan di Desa Datar Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.
Juguran diartikan sebagai acara yang santai,berdiskusi ngobrol sana sini /ngalor ngidul dalam bahasa Banyumasan. Akan tetapi Juguran seperti yang di agendakan oleh Gerakan Desa Membangun (GDM)  dan Pegiat Teknologi dan Informasi desa di Kabupaten Banyumas ini bukan sembarang juguran yang tidak menghasilkan apa-apa atau hanya medangan  (minum-minum bareng) semata. Juguran yang bukan sembarang juguran ini memfokuskan titik temu permasalahan tentang publikasi kerja pemerintah desa dan kiat-kiat semangat yang  menghasilkan materi ilmu tentang bagaimana mengoptimalkan kinerja Pemerintah Desa dalam upayanya menyukseskan kesejahteraan desa dan masyarakatnya lewat dunia digital.

Di acara Juguran yang pertama bagi Pemerintah Desa (Pemdes) Candinata di desa datar kecamatan Banyumas lebih membahas tentang kinerja Pemerintah Desa pasca rotasi jabatan. Seperti yang diketaui bersama bahwa tahun 2017 ada perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja atau yang disingkat SOTK.Pada waktu sebelumnya Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Pemerintah Desa adalah Kepala Desa, Sekretariat yaitu Sekretaris Desa, Kepala Urusan Pemerintahan,Kepala Urusan Pembangunan, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat dan Kepala Urusan Umum serta Kepala Kewilayahan atau Kepala Dusun.Namun pada tahun ini Struktur Organisasi dan Tata Kelola Pemerintah Desa berubah menjadi Kepala Desa ,Sekretariat yaitu Sekretaris Desa, Kepala Urusan Keuangan, Kepala Urusan Perencanaan dan Kepala Urusan Umum dan Tata Usaha , Selanjutnya Kepala Urusan Pemerintahan berubah nama menjadi  Kepala Seksi Pemerintahan, Kepala Urusan Pembangunan menjadi Kepala Seksi Kesejahteraan dan Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat menjadi Kepala Seksi Pelayanan. Dan Kepala Kewilayahan atau Kepala Dusun tetap menjadi Kepala Dusun.

Bayu Setyo Nugroho yang merupakan Mantan Kepala Desa Dermaji Kecamatan Lumbir pada saat itu menyampaikan bahwa kinerja Pemerintah Desa itu bukan di titik beratkan pada Tugas Pokoknya akan tetapi lebih kepada subtansi Fungsinya artinya manakala seorang Pejabat di Pemerintahan Desa sudah paham akan  fungsi dirinya berada pada kedudukannya maka ia akan mencari tahu tugas pokoknya.

Semangat sinau Dan Kemauan Membangun Desa.

Semangat bejalar dan kemantapan semangat Membangun desa sejatinya harus di kuakan dalam diri Pemerintah Desa (Pemdes) dan juga masyarakat desa itu sendiri. Itulah yang bisa di lihat di acara Juguran di desa Purwosari Kecamatan Kedungbanteng atau bertempat di kediaman Sagita Maria Aparatur Pemerintah Desa Purwosari.Nampak ada sekitar 30 peserta hadir yang merupakan Pegiat Teknologi Informasi dan Komunikasi desa di kabupaten Banyumas.Ada yang peserta Pegaiat TIK desa dari kecamatan Ajibarang, Pegiata TIK desa kecamatan Lumbir, Pegiat TIK desa kecamatan Baturraden,Pegiat TIK desa Kecamatan Kalibagor.

Konsep Juguran Website desa pada waktu itu memnghasilkan ilmu bahwa : membangun desa adalah dari asa/harapan/mimpi mau apa desa kita.Sekiranya asa/harapan/mimpi desa itu sudah ada dan tertanam dalam pikiran-pikiran kita maka kita akan berusaha mencari jalan untuk mewujudkannya.Pada prinsipnya adalah niat dan kesemangatan dari Pemerintah Desa Sendiri dan selebihnya adalah bantuan moril dan spiritual dari masyarakat desa itu sendiri.

Teruslah bersemangat kawan-kawan didesa bahwa kita bisa lebih dalam membangun desa kita sendiri kearah yang lebih baik tentunya.Semangat kita inilah modal dasar dan sangat penting dalam mewujudkan desa kita sepserti apa kedepannya.Itulah yang di gaungkan oleh Kang Suep Opertaor Sistem website desa.id dan sekaligus senior Gerakan Desa membangun.

Motivasi dan Pembangunan Sumber Daya Manusia sejatinya harus di kedepankan daripada hanya menyoal masalah-masalah fisik sarana prasarana desa.Ketika membangun sarana parasarana maka hasilnya hanya monument mati akan tetapi ketika berusaha lebih membangun peningkatan Sumber Daya Manusianya maka desa akan lebih bisa menjamin kesejahteraan desanya.


Era digital adalah era Elektronik Goverment atau e-gov.e-gov ini akan membantu Pemerintah Desa dalam mengarsipkan data.Sebagaimana yang di ajarkan Sumanto Kepala Seksi Pemerintahan Desa Kalibagor.Dirinya sangat terbantu sekali dalam mengarsipkan data di dalam brangjas digital Google Drive.Google drive sendiri aalah ruang penyimpanan berkapasitas 15GB.Kang Manto sering kali kesulitan ketika harus mencetak data yang di simpan dalam flashdisc atau dalan teks kertas yang sewaktu-waktu bisa hilang.Namun dirinya kin terbantu setelah mengetahui bahwa dalam era yang serba digital ini ada ruang penyimpanan Google drive. (Zaen_24)

 


sumber : http://www.candinata.desa.id/juguran-sinau-dan-kemauan-membangun-desa/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *